top of page
Search
  • znonenumber13

Mobil Terlama

5 Mobil Terlama Yang Sempat Dibikin

Walau beberapa orang berpikir mobil Mode T Henry Henry merupakan yang paling tua di dunia, ada banyak mobil awal yang menyusul mobil Ford lebih dari 100 tahun. Mobil-mobil paling dahulu dilengkapi oleh uap, berat, lamban, serta direncanakan untuk menyimpan amat sedikit penumpang. Mobil-mobil awal ini sering harus dioperasikan oleh lebih dari satu orang serta konsumsi banyak bahan bakar. Beberapa dari mobil pertama ini mempunyai fitur-fitur inovatif yang akan merubah design mobil kekinian.

5. La Marquise

La Marquise dibuat pada tahun 1884 oleh seseorang Prancis bernama De Dion-Bouton et Trepardoux, yang dinamakan sesuai dengan nama ibunya. Walau entri awalnya dalam daftar ini dipercaya jadi kendaraan yang berjalan paling tua, pada tahun 2011 La Marquise dikatakan jadi mobil paling tua yang berjalan di dunia - pada tahun yang sama, mobil itu di jual di pelelangan seharga $ 4,6 juta.


Daftar lelang menjelaskan jika mobil itu bisa sampai kecepatan paling tinggi 38 mil /jam (61 km. /jam) serta jika itu cuma dipunyai oleh empat orang semenjak tahun 1884. Beberapa orang yakin jika La Marquise merupakan mobil balap pertama jadi Count Dion mengemudikan mobil dalam satu pameran pada tahun 1887, walau tidak ada mobil lain yang ada untuk balapan.


4. Kereta Uap Grenville

Grenville Steam Carriage merupakan kendaraan penumpang bertenaga uap paling tua yang masih berperan sampai sekarang ini. Mobil itu dibuat pada tahun 1875 oleh Robert Neville Grenville, yang setelah itu jadi Chief Mechanical Engineer dari Great Western Railway. Kereta dibuat untuk menyimpan tujuh penumpang: pengemudi, pengemudi, pemadam kebakaran, serta empat penumpang.


Sesudah Grenville wafat pada tahun 1936, keluarganya meminjamkan mobil pada John Allen & Sons Ltd. dari Cowley, Oxford, yang mengubah keseluruhan kendaraan itu serta pada tahun 1946, dia ikut juga dalam Kavaleri Jubilee London di Regent's Park. Mobil itu sekarang ini dipamerkan di Museum Motor Nasional Inggris di Beaulieu, yang yakin jika mobil itu masih juga dalam keadaan kerja.


3. Hancock Omnibus

Omnibus uap Enterprise dibuat oleh Walter Hancock seputar tahun 1832, itu merupakan mobil bertenaga uap pertama yang di produksi dengan komersial di dunia. Bis penumpang dibuat untuk London serta Paddington Steam Carriage Company serta pada April 1833, bis ini mengawali service reguler di antara London Wall serta Paddington lewat Islington, membuatnya service kereta uap pertama di dunia.


Enterprise memerlukan tiga orang untuk mengoperasikannya: pengemudi duduk di muka untuk menyopir lewat roda kemudi dibanding memakai roda seperti kendaraan awal yang lain; operator ke-2 bertanggungjawab untuk jaga permukaan air boiler serta pilih gigi mundur waktu dibutuhkan, serta operator ke-3 berdiri di basis belakang serta jaga api serta rusaknya. Tidak didapati bagaimana ke-3 operator berkomunikasi untuk jaga bis masih berjalan.


2. Kereta Uap London

London Steam Carriage dibuat oleh Richard Trevithick pada 1803 serta dipandang seperti kendaraan pengangkut mandiri pertama. Walau kendaraan bertenaga uap Cugnot menyusul Trevithick, mobil Cugnot direncanakan untuk mengangkat artileri, bukan penumpang. Trevithick sudah membuat kereta uap eksperimental pertamanya pada tahun 1801, yang dijuluki "Iblis Puffing", serta membawanya ke satu bukit di Camborne, Cornwall.


Trevithick menyetir kereta uap 1803 lewat London seputar 10 mil dengan kecepatan 4 - 9 mil /jam (6,4 - 14,5 km / jam). Sayangnya, kendaraan itu langsung hancur dalam kebakaran, tapi gambar asli yang diserahkan dengan paten masih bertahan.


1. Cugnot Fardier

Pada 1770, penemu Prancis Nicolas-Joseph Cugnot membuat serta membuat kereta self-propelled pertama. Satu tahun sebelum ukuran penuh fardier à vapeur (steam dray) dibuat, Cugnot membuat prototipe kecil pada 1769. Mobil itu dibuat untuk militer Prancis serta direncanakan untuk bawa empat ton serta meliputi dua kebohongan (7,8 km atau 4,8 mil) pada sebuah jam, yang belum pernah betul-betul diraih oleh mobil.


Kendaraan itu tidaklah terlalu sukses serta project itu pada akhirnya dibiarkan. Pada tahun 1800, mobil itu dibawa ke Conservatoire National des Arts et Métiers di Paris, dimana dia masih dipajang sampai saat ini.



11 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page